Rabu, 29 Februari 2012
Sragen tuntut ganti rugi jalan kampung perluas buat jalan tol
SRAGEN- Pemerintah Desa Purwosuman, Sidoharjo, Sragen menuntut ganti rugi jalan kampung seluas 13.000 meter persegi yangtidak mendapatkan ganti rugi dari proyek pembangunan jalan tol. Pernyataan itu disampaikan Kepala Desa Purwosuman Sukar Widiasmoro SH, saat ditemui wartawan seusai sidak yang dilakukan Komisi I, DPRD Sragen, Rabu (29/2/2012). Sukar menjelaskan sebanyak 13.000 meter persegi jalankampung di Desa Purwosuman yang terkena proyek pembangunan jalan tol ternyata tidak mendapatkan ganti rugi. Jalan kampung yang terkena proyek pembangunan jalan tol itu sebagian besar ada di wilayah Dukuh Dawangan, Paingan dan Jenggrik. Namun, menurut Sukar, hampir seluruh jalan kampung di Desa Purwosuman terkena proyek pembangunan jalan tol. “Kami berharap ada pembicaraan lagi terkait ganti rugi jalan kampung ini. Bagaimana bisa jalan kampung yang selama ini dirawat dan dibangun menggunakan uang milik warga malah tidak mendapat ganti rugi. Semoga ada kebijakan dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek pembangunan jalan tol. Setidaknya meringankan warga yang jalan kampungnya terkena imbas pembangunan jalantol,” tuturnya. Akibat pembangunan jalantol yang memakan jalan kampung, warga harus mencari jalan lain untuk keluar dari kampung. Meski tidak sampai memutus kegiatan ekonomi warga, menurut Sukar, pihak PPK proyek pembangunan jalan tol kurang memperhatikan aspek lain. Menanggapi pengaduan tersebut, Ketua Komisi I, DPRD Sragen, Inggus Subaryoto, menuturkan akan memanggil pihak-pihak terkait pembangunan proyek jalan tol. “Kami akan mengundang PPK dan pihak-pihak terkait pembangunan jalan tol ini.Bagaimana mungkin jalan kampung tidak mendapatkan ganti rugi? Terima kasih atas laporan ini. Ini akan menjadi masukan bagi kami. Dalamwaktu dekat akan segera menggelar pertemuan,” ungkap Inggus saat ditemui wartawan seusai sidak. JIBI/SOLOPOS/Sri Sumi Handayani
Memilih ban berlogo SNI
Jakarta, KompasOtomotif - Bagi yang ingin beli ban, entah untuk motor atau mobil, perhatikan dengan cermat logo "SNI" (Standar Nasional Indonesia). Kalau masih menggunakan stiker, sebaiknya jangan dibeli karet bundar tersebut. Pasalanya, Pemerintah Indonesia baru saja mengeluarkan peraturan baru untuk SNI terkait peredaran ban yang dijual-beli di seluruh Indonesia, per Januari 2012 yang merupakan penyempurnaandari Peraturan Bersama Menteri Perindustrian dan menteri Perdagangan Nomor 12/M-IND/PER/3/2006-Nomor 07/M-DAG/PER/3/2006 tentang Pemberlakukan SNI Ban Secara Wajib. Dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 11/M-IND/PER/1/2012 tentang Pemberlakuan SNI Ban Secara Wajib, ditetapkan setiap ban wajib mengantongi sertifikat SNI Wajib dan menggunakan logo SNI secara embos."Batas akhir pemberian tanda SNI melalui stiker hanya dilakukan sampai dengan 1 Maret 2012," tulis Permenperin tersebut, seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Perindustrian. Dalam peraturan itu, ditetapkan ada enam jenis ban yang wajib menggunakan SNI Wajib, yakni jenis ban untuk mobil penumpang (Pos Tarif/HS No.4011.10.00.00), ban truk ringan (4011.10.00.00), ban truk bus (4011.20.10.00) dan ban sepeda motor (4011.40.00.00). Selain itu terdapat ban dalam kendaraan bermotor untuk mobil penumpang, truk ringan, truk dan bus, sepeda motor. Untuk kategori ini, pemerintah membaginya dalam tiga nomor pos tarif. Permenperin itu juga menetapkan pengecualian SNI Wajib bagi ban dalam empat kondisi yang ditetapkan. Pertama, beredar di luar kepentingan komersial, kepentingan riset,contoh uji untuk memperoleh Sertifikat Produk Pengguna Tanda SNI oleh LS Pro dan keperluan khusus. “Keenam jenis ban tersebut hanya dapat diimpor oleh importir produsen kendaraan bermotor dan wajib memiliki surat pertimbangan teknis dari Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur Kemenperin,” tulis Permenperin. Dengan terbitnya Permenperin ini, maka jika keenam jenis ban yang diproduksi dan dipasarkan didalam negeri tak memenuhi kriteria SNI Wajib harus dimusnahkan. Untuk ban yang sudah terlanjur dipasarkan tapi belum punyaSNI Wajib, perusahaan produsen wajib menarik produk itu dari pasar dan memusnahkannya. Sedangkan untuk ban impor yang masuk ke pasar domestik ketahuan melanggar SNI Wajib ini, pemerintah akan menyelesaikannya berdasarkan ketentuan dan UU Kepabeanan yang berlaku. Tabel Ban SNI Wajib Jenis ban Nomor SNI Pos tarif/HS Ban mobil penumpang 06-0098-2002 4011.10.00.00 Ban truk ringan 06-0100-2002/Amd1:2010 4011.10.00.00 Ban truk dan bus 08-0099-2002/Amd1:2010 4011.20.10.00 Ban sepeda motor 06-0101-2002 4011.40.00.00 Ban dalam kendaraan 06-6700-2002 4013.10.11.00 4013.10.21.00 4013.90.20.00 Ban yang terpasang di velg 06-0098-2002 8708.70.22.00 06-0100-2002/Amd1:2010 06-0099-2002/Amd1:2010 8708.70.29.00 06-0101-2002 sumber: Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 11/M-IND/PER/1/2012
Memenits pengeluaran,memperbanyak pemasukan
Sebetulnya, masih ada tahapan yang perlu dilalui terkait dengan kesiapan finansial seseoranguntuk membeli rumah. Hal ini terutama berlaku bagi Anda yang tidak memiliki uang tunai untuk membeli rumah, tetapi kondisi finansial sudah cukup aman untuk mengajukan kredit. Deana Arnett, konsultan dan pakar finansial di Manassas, Virginia, Amerika Serikat, mengatakan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah meningkatkan tabungan dengan mengurangi pengeluaran. "Evaluasi pengeluaran sepanjang tahun lalu, sedetail mungkin, bahkan hingga pengeluaran sepele sekalipun. Salin catatan ke dalam program Excel untuk memudahkan Anda. PastikanAnda mencatat daftar pengeluaran selama setahunlalu. Lalu, buat kategori. Dari catatan ini Anda bisa mempelajari pengeluaran apa yang bisa diubah, dihilangkan, atau dikurangi,"Arnett menjelaskan. Dengan membuat evaluasi keuangan ini, lanjut Ernett, Anda bisa lebih terarah menggunakan uang sepanjang tahun ke depan. Tujuannya, Anda mampu meningkatkan tabungan khusus untuk anggaran kepemilikan rumah. Tabungan ini hanya tahapan awal untuk program kepemilikan rumah. Sementara itu, untuk meningkatkan jumlah anggaran pembelian rumah, Anda bisa memilih berbagai program pembiayaan dari perbankan. Namun, kata Arnett, sebaiknya hindari investasi yang berisiko tinggi, seperti saham atau obligasi, untuk melipatgandakan uang dalam rangka meningkatkankeuangan. Risiko tinggi ini bisa membuat Anda kehilangan uang yang sudah ditabung untuk membeli rumah. "Sebaiknya, pilih investasi lain yang lebih aman dan berisiko rendah jika tujuannya ingin melipatgandakan uang demimencapai target pembiayaan kepemilikan rumah," ujarnya.
Yahoo indonesia pengen relevansi lokal
Yahoo Indonesia resmi mengumumkan pengangkatan Roy Arnold Simangunsong sebagai Country Ambassador and Sales Director, Rabu (29/2/2012). Roy yang memiliki pengalaman di industri teknologi informasi selama 20 tahun akan bertanggung jawab untuk mendorong pertumbuhan pendapatan, menetapkan arah strategis untuk operasi penjualan sesuai dengan strategi perusahaan dan memaksimalkan peluang untuk klien dan pengiklan di Indonesia. "Di Yahoo Indonesia, saya ingin fokus pada relevansi lokal dan memberikan nilai-nilai penting bagi para pelanggan dan pengguna kami di Indonesia. Memasuki 2012, kami telah mengidentifikasi empat bidang utama, yakni menargetkan segmen pasar, membangun kemitraan strategis dengan klien dan pengiklan, investasi di produk-produk inovatif dan konten serta investasi sumber daya manusia di Yahoo," jelas Roy dalam jumpa pers di kantor Yahoo Indonesia, Jakarta, Rabu. Relevansi lokal yang dimaksud oleh Roy adalah memasukkan sebanyak mungkin konten yang relevan dengan kebutuhan pengguna Yahoo Indonesia. Berdasarkan data dari Comscore, layanan yang paling banyak diakses oleh pengguna Yahoo Indonesia adalah e-mail, messenger, OMG (entertainment), news (dari beberapa media di Indonesia), dan Flickr. Lima kanal ini yang akan diperkaya dengan konten lokal oleh Yahoo Indonesia. Yahoo Indonesia telah bekerja sama dengan beberapa media lokal untuk mengambil konten dan memublikasikannya di portalYahoo. Tahun ini Yahoo Indonesia akan fokus kepadaberita gaya hidup dan olahraga karena besarnya antusiasme pengguna internet Indonesia di dua bidang tersebut. Selain mengembangkan konten, Yahoo Indonesia jugamelakukan investasi dalam perekrutan sumber daya manusia. Dari jumlah karyawan yang semula 11 orang, tahun ini Yahoo Indonesia memiliki karyawan sebanyak 65 orang. Ini belum termasuk karyawan Koprol, perusahaan Indonesia yang diakuisisi oleh Yahoo pada 2009
Garuda indonesia batal terbang penumpag kesal
FOTO: Penumpang Garuda kesal/ Danang Prihantoro Jakarta - Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 218 jurusan Jakarta-Yogyakartayang seharusnya terbang pada Rabu (29/2) malam harus ditunda keberangkatannya hingga Kamis (1/3) pagi. Penundaan penerbangan ini karena imbas pesawat sebelumnya yang return to base (RTB) atau kembali ke landasan lantaran cuaca buruk. "Ada 2 pesawat yang terganggu yakni GA 212 dan GA 218. GA 212 terbang siang tadi tapi tidak bisa mendarat di Yogyakarta karena berkabut dan jarak pandang terbatas. Kami tidak bisa memaksakan mendarat demi keselamatan penerbangan," kata Vice President Corporate Communications PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Pujobroto, kepada detikcom, Kamis (1/3/2012)dinihari. Pesawat GA 212 itu akhirnya kembali ke landasan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, pada pukul 16.30 WIB. Akibatnya harus ada pengisian bahan bakar lagi dan sebagainya sehingga dampaknya adalah delay pesawat selanjutnya. Terlebih dalampenerbangan dikenal adanya rotasi pesawat. "GA 218 terkena imbasnya. Bandara di Yogya close pukul 21.00 WIB. Nah, untukke sana butuh waktu sekitar 1 jam, sehingga tidak mungkin terbang pukul 21.00 WIB juga. Kami sudah minta di-extend, tapihanya diberikan sampai pukul 22.00 WIB. Mereka tidak bisa menunggu sampai pesawat landing," papar Pujo. Akibatnya, penumpang yang sudah berada di pesawat pun diminta turunlagi. Namun Garuda telah memberikan kompensasi kepada 147 penumpang yang mengalami penundaan penerbangan itu. Penumpang diinapkan di Novotel dan Pullman. Selain itu diberikan kompensasi Rp 300 ribu perpenumpang. "Besok pagi penumpang akan diterbangkan lagi pukul 08.25 WIB. Kami minta maaf atas ketidaknyamanan ini. Tapi ini terjadi di luar kuasa kami. Karena kami tidak bisa memaksakan pendaratan jika cuaca tidakmendukung," ucap pria berkacamata ini. Sebelumnya, penumpang pesawat GA 218 kesal karena penerbangan ditunda. Bahkan mereka yang sudah masuk dan menunggu di pesawat diminta turun lagi. Mereka kesal karena merasa tidak mendapat informasi yang memadai.
PT.FREEPORT menyatakan belum ada kegiatan hingga saat ini
PT Freeport Indonesia menyatakan bahwa hingga saat ini kegiatan produksi masih terhenti akibat pekerja kembali mogok kerja sejak pekan lalu. Namun, perusahaan terus berupaya menjalin komunikasi agar terjadi kesepakatan. Direktur Eksekutif Freeport Indonesia, Sinta Sirait, menjelaskan, Freeport siap melaksanakan komitmen yang telah disepakati sebelumnya. "Memang ada sedikit interupsi. Mungkin belum ada kesepakatan antara karyawan yang bekerja dan yang kemarin ikut dalam aksi mogok," kata Sinta di Jakarta, Selasa 28 Februari 2012. Sinta mengakui, beberapa karyawan sepertinya diintimidasi. Namun, Freeport terus berusaha memberikan rasa nyaman dan aman kepada pekerja, sehingga terus terjalin komunikasi yang baik. Untuk sementara, dia melanjutkan, produksi tambang Freeport dihentikan, tapi pengapalan konsentrat masih berlangsung. Seperti diketahui, pekerja Freeport kembali mogok kerja dan menghentikan kegiatannya di tambang emas Grasberg, Timika, Papua. Sejumlah karyawan yang tidak ikut aksi mogok kerja mengalami tindakan kekerasan. "Kami saat ini sedang mengalami gangguan kerja sehubungan dengan upaya untuk kembali beroperasi normal di wilayah kerja di Kabupaten Mimika, Papua," kata Juru Bicara Freeport Indonesia, Ramdhani Sirait, dalam keterangan pers, akhir pekan lalu.
Langganan:
Postingan (Atom)