Kamis, 12 April 2012
Berusaha beri yang terbaik
Berusaha Beri yang Terbaik Abun Sanda | Nasru Alam Aziz | Dibaca : 2542 kali Senin, 9 April 2012 | 07:15 AM Djoko Pranoto Photo: KOMPAS/AGUSSUSANTO Oleh Abun Sanda KOMPAS.com — PT United TractorsTbk, yang tercatatdi Bursa Efek Indonesia pada 19 September 1989, punya kinerja gemilang. Keuntungan bersih tahun lalu Rp 5,90 triliun, naik 52 persen dari tahun 2010 sebesar Rp 3,87 triliun. Namun, Djoko Pranoto, Chief Executive Officer United Tractors Tbk, menilai, ia hanya dirigen kecil. Ini peran karyawan dan konsumen. Praktis United Tractors Tbk (UT) masuk jajaran perusahaan elite di Indonesia dalam hal laba bersih. Membaik ketimbang tatkala krisis ekonomi menerjang Indonesia tahun 1998. UT saat itu mencatat kerugian cukup besar. BagaimanaUT membalikkan kondisi tersebut? Berikut petikan wawancara dengan Djoko Pranoto baru-baru ini. Saat krisis tahun 1998, UT sangat terpukul. Bagaimana mengatasinya? Kalau melihat kondisi UT kini, tak terbayangkan bahwa UT pernah dalam kondisi amat sulit. Sekitar1.000 karyawan harus dilepaskan. Current liabilities atau kewajiban jangka pendek UTsaat itu Rp 3,9 triliun dan utang jangka panjang Rp 326,419 miliar.Kondisi UT sangatsulit. Keadaan kian sulit karena pembangunan melemah, daya beli turun, dan situasi ekonomi lesu. UT melakukan tindakan cepat, diantaranya, pertama, merampingkan organisasi perusahaan. UT memberikan paket yang cukup baik bagi sejumlah karyawan. Kedua,kami fokus pada bisnis yang bisa dikembangkan dan berkonsentrasi meraih dollar AS sebesar mungkin. Juga terus berusaha menjaga UT dengan alat beratnya, Komatsu, tetap menjadi pemimpin pasar. Ketiga, mengurangi beban utang. Dibuat kesepakatan menjadwal ulang utang selama beberapa tahun. Dalam situasi ini, produsen produk-produk yang dipasarkan UT sangat paham. Mereka bahkan mengapresiasi apa yang ditempuh UT sehingga suplai produk tetap jalan. Intinya, kami berbuat yang terbaik untuk perusahaandan pemangku kepentingan lainnya. Ada aspek lain? Kami menyehatkan modal kerja. Anakperusahaan dijual, misalnya perusahaan batubara Berau Coal. Tujuannya mengurangi beban utang. Kami mengapresiasi para pemegang saham yang ingin UT tetap bertahankarena itu menjaga UT agar segera pulih dari kondisi tak sehat. Kebetulan pula ketika itu Pak Prijono Sugiarto (kini CEO PT Astra International Tbk)menjabat Direktur in chargeuntuk UT. Beliau tahu persis apa yang dilakukan UT ketika itu. Bagaimana UT memasarkan produk alat berat dalam situasi yang sulit? Kami yakinkan dan memberi solusi agar investasi mereka balik secepat mungkin. Kami paparkan bagaimana meraih keuntungan sebesar mungkin. Dengan dasar ini, kami memiliki komitmen bahwa kami tidak hanya mendeliver produk, tetapi juga memberi solusi menyeluruhbagi konsumen kami. Solusi itu, misalnya, untuk mengerjakan proyek tertentu, alat berat yang cocok adalah alat berat A atau B, kemudian kita buatkan rencana ke depan sampai si konsumen benar-benar merasa puas dengan servis yang kami tawarkan. Kami pun memberikan konsultasi jauh lebih dalam dari ekspektasi pembeli, termasuk opsi paling ideal, investasi alat berat. Dalam konteks ini, UT berusaha keras menjaga reputasi dan integritas. Perusahaan ini tidak ingin ada cerita di belakangbahwa UT memaksakan suatu produk yang tidak cocok dengan proyek yang tengah dikerjakan. Selainsolusi dan konsultasi sebelum dan sesudah penjualan, kami pun memberikan servis optimal. Langgam memberi solusi dan konsultasi sebelum dan sesudah penjualan alat berat inilah yang membuat kepercayaan konsumen melonjak tinggi. Kepercayaan seperti ini tidak bisa dibeli. Formula ini memberi manfaatefektif? Sangat efektif. Kami meraih kinerja cemerlang. Dari perusahaan yang letih dan muram, secara bersama-sama kami bisa ubah menjadi perusahaan dengan profit menjanjikan. Rupanya fokus pada bisnis inti menjadi pemimpin pasar dan memberi solusi kepada konsumen membawa dampak luas. UT kembali ke bentuknya semula, tetapi dengan raut yang jauh lebih berkilau. Kini, semua karyawan bisa menikmatinya pada usia UT ke-40 tanggal 13 Oktober nanti. Profesionalisme tak bisa ditawar-tawar dan inilah yang diberikan UTkepada konsumennya, seperti halnya yang dilakukan perusahaan dalam Grup Astra lainnya. ”Memberikan yang terbaik kepada pelanggan” dan ”selalu berusaha memberikan yangterbaik”. Penjualan segmenusaha mesin konstruksi kembali mencatatprestasi. Volume penjualan alat berat Komatsu menjadi 8.467 unit tahun 2011, naik 57 persen dari volume penjualan tahun 2010 sebesar 5.404 unit. Bandingkan dengan penjualanKomatsu oleh UT pada tahun 1998 yang hanya 238 unit. Bagaimana posisi di pasar? Pangsa pasar Komatsu naik dari46 persen tahun 2010 menjadi 49 persen tahun 2011. Prestasi itu dicatat dalam persaingan ketat di bisnis alat berat di Indonesia. Tahun lalu, semua pasar domestik mencatat volume penjualan 17.360 unit, naik 47 persen dari 11.781 unit tahun 2010. Volume penjualan alat berat Komatsu di Indonesia ini adalah yang terbesar di dunia. Pama yang merupakan anak usaha UT di bidang kontraktor penambangan batubara penjadi pendorong utama. Pama jugadidukung oleh konsumen yang relatif besar di Indonesia, sepertiAdaro, KPC, dan Indominco. Melalui unit usahapertambangan yang dijalankan PT Prima Multi Mineral (PMM) danPT Tuah TuranggaAgung (TTA), grupUT menjual 4,5 juta ton batubara,meningkat dari 3,1 juta tahun 2010. UT dan anakperusahaannya yang memiliki delapan tambang batubara (denganmengakuisisi limakonsesi pertambangan tahun 2011) memiliki cadangan sebesar250-370 juta ton. Aspek yang menopang bisnis ini adalah UT sangat fokus padavisi perusahaan dan implementasiyang sesuai. Anda sangat sibuk, bagaimana mengatur waktu? Saya berusaha membagi waktu yang imbang dengan keluarga. Bagi keluarga, yang penting kualitas, bukan jumlah atau lamanya. Kita sepakat soal itu. Kami lalui denganberlibur bersama, bercanda, berdiskusi. Kami menjalin hubungan sangat akrab dan penuh cinta. Dengan pelanggan dan mitra? Sebagai orang yang sering menjamu pelanggan, saya menyempatkan diri menyisihkan waktu bermain golf bersama mitra. Ini sebuah kesenangan sambil memperkuat jaringan dengan pelanggan. Di samping itu, saya menikmati waktuketika hadir dalam kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan, seperti mendatangi sekolah binaan yang akan kami serahkan kepada pemerintah daerah atau ketika program menanam pohon di sejumlah daerah. Seperti dalam filosofi perusahaan, kamiingin menyatu dan memberikan nilai tambah yangbermanfaat bagi masyarakat, lingkungan, dan bangsa.
Putri indonesia
Puteri Indonesia Lingkungan Hidup 2010, dr Reisa Kartikasari memeragakan aksesori teranyar rancangan Elizabeth Wahyu, statement necklace, koleksi"Eclectic Charms". Photo: KOMPAS.com/WardahFajri KOMPAS.com - Perancang aksesori ElizabethWahyu memilih batu-batuan semi precious seperti turquoise, citrine, sodalite, malachite, peridot sebagai bahan utama perhiasan yang dibuatnya. Di awal 2011, perempuan yang akrab disapa Eliz ini merilis koleksi terbarunya yang terbatas hanya 55buah saja. Ia menyebutnya koleksi "Eclectic Charms", aksesori statement necklace , gelang, bros, dan eveningbags. " Statement necklace digemaribeberapa tahun belakangan ini. Saya merancang statement necklace menggunakan batu semi precious dengan detail kuat dari kristal Swarovski. Koleksinya memang terbatas,hanya 30 kalung dan 25 tas. Satu kalung dibuat dalam waktu 30-70 jam. Namunada satu kalung besar yang dibuatselama satu minggu," jelas Eliz, di sela peluncuran koleksi "Eclectic Charms" di restoran Merah Delima, Jakarta, Kamis (26/5/2011). Batu-batuan ragam warna, dikombinasikan Eliz dengan kristalSwarovski yang memberikan kesan glamor danmewah. Aksesori yang memesona ini semakin berwarna dengandetail payet India,serta berkesan eksotik dengan payet Jepang. Khusus aksesori tas batu-batuan ini, Eliz mempercantiknyadengan sentuhan lace dan semakin glamor dengan sentuhan kristal Swarovski. Rancangan kalung dan tas koleksi terbatas ini memang ingin menunjukkan kesan "Eclectic". Berani menggabungkan beberapa bahan dasar, menjadi satu kreasi yang harmonis dan menawan. Aksesori kalung dan tas buatan Elizabeth Wahyu ini menonjolkan kepribadian pemakainya. Yakni perempuan yang merasa nyaman dan memahami dirinya, tampil berani dan percaya diri, dan meyakini bahwa setiap individu lahir sebagai pribadi yang unik.Filosofi inilah yang ingin ditampilkan Eliz dalam inovasi teranyarnya. "Aksesori ini menampilkan gaya yang kreatif,serta warna yang berani, menampilkan karakter si penggunanya," tambah perempuan kelahiran Jakarta, 20 Maret 1974 ini. Pemilihan bahan, warna, hingga idedesain serta rancangan aksesori yang kaya detail memberikan keunikan pada aksesori ElizabethWahyu. Namun kekhasan aksesoriyang digemari selebriti seperti Chintami Atmanegara ini tak berhenti sampai di situ saja. "Aksesori ini dibuat dengan hati, itu yang membekas dan membuatnya istimewa," tutur Eliz yang melibatkan 50 perajin untuk menfinalisasi aksesori yang dirancang sendiri olehnya. Aksesori kalung dan tas terdiri atas 55 model danvariasi warna berbeda. Eliz sengaja hanya menciptakan satuuntuk setiap jenisdan modelnya. Pasalnya, ia sendiri lah yang mendesain dan membuat kalung tersebut dengan sentuhannya langsung. Aksesori kalung besar edisi terbatas ini dapatAnda peroleh dengan harga Rp 2-3 juta. Sedangkan untuk tas, kisaran harganya Rp 1,1-3juta. Eliz memilih satu tas senilai Rp2,3 juta untuk dilelang pada acara peluncuran koleksi "Eclectic Charms". Tas ini terjual Rp 1,7 juta kepada Vivi Dana (34), wirausahawati. "Kalung ini akan didonasikan ke Yayasan Wahana Visi Indonesia, yayasan di bidangpendidikan untukanak-anak di Papua dan Sikka. Dari kalung yang terjual di lelang ini, anak-anak tersebut bisa mendapatkan dukungan biaya pendidikan Rp 150.000 per anak per bulan," jelas Eliz, yang dinobatkan sebagai Hope Ambassador oleh yayasan di bidangpendidikan tersebut. Anda bisa mendapatkan koleksi aksesori teranyar ElizabethWahyu melalui butiknya di Kemang Selatan, atau belanja online melalui www.elizabethwahyu.com . Lantaran diproduksi terbatas, Anda perlu berlomba mendapatkannya.Jika kehabisan, bersiaplah menunggu edisi baru lainnya. Biasanya koleksi aksesori ElizabethWahyu yang terbaru diproduksi dua kali dalam satu tahun. Kalau Andamengunjungi butik aksesori miliknya di Kemang, Anda bisa berburu aksesori edisi lawas, dengan diskon 50-70 persen.
Sayyidina karamallahu
Sayyidina Karamallahu ‘Ajha April 8, 2012 4:43 pm Tidak ada kekuatan di bumi yang mampu menandingi kekuatannya Dia yang mampu mencabut pohon dari akarnya Tidak berilmu sesorang sebelum dia mendapat ilmu yang bersilsilah darinya Dialah pintu itu,pintu dari gudang ilmu.. Pintu dari cahaya
Menggapai bintang
Kau menggapai bintang namun menjelma bayang Kau meraih bulan namun tertelan awan Kau mengejar mimpi namun mimpi itu pergi Kau rasa berlari namun berjalan Kau rasa berjalan namun terseok Kau rasa terseok namun diam Kau gadis pemimpi serasa merengkuh mentari namun ilusi
Pengisian bahan bakar diudara
PENGISIAN BAHAN BAKAR DI UDARA 7 April 2012 4:34 pm PENGISIAN BAHAN BAKARDI UDARA Nama : Riska Fitriya NIM : 224109315 Tugas GH ke 4 Mungkin untuk sebagianorang hanya mengetahui pengisian bahan bakar yang dilakukan di darat tapi ada juga pengisian bahan bakar yang dilakukan di udara yang disebut dengan in flight refueling atau air to air refueling, biasanya pengisian bahan bakar di udara ini digunakan dalam penerbangan yang menempuh jarak lebih lama. In flight refueling ini dilakukan dengan cara pesawat yang membawa bahan bakar atau sering disebut pesawat tanker ini berada tepat dibelakang dekat dengan tengki pesawat yang akan menerima bahan bakar, dan untuk memindahkan bahan bakar tersebut menggunakan pipa yangkaku untuk menyambung ke pesawat penerima bahan bakar cara ini biasa disebut dengan Flying Boom atau Boom and Receiver. Adapun cara lainnya in flight refueling atau air to air refueling ini disebut dengan Probe and Drogue. Untuk memindahkan bahan bakarnya cara ini menggunakan pipa yangfleksible, pesawat tanker harus berada sama dengan pesawat penerima atau sejajar dengan kecepatan yang sama pula. Karena peralatan dan penanganan untuk melakukan in flight refueling ini sangat mahal maka belum banyak yang menggunakannya. Pengisian bahan bakar di udara ini banyak digunakan dalam pesawat militer dan pesawat kepresidenan. Biasanya pesawat tempur yang mengisi pesawat – pesawatnya dengan persenjataannyaini harus mengurangi muatan pesawatnya dengan cara mengurangi bahan bakar yang akan dipakainya dan kekurangan bahan bakarselama dalam penerbangan itu dengandilakukan dengan cara inflight refueling atau air to air refueling.
Pengisian bahan bakar diudara
PENGISIAN BAHAN BAKAR DI UDARA 7 April 2012 4:34 pm PENGISIAN BAHAN BAKARDI UDARA Nama : Riska Fitriya NIM : 224109315 Tugas GH ke 4 Mungkin untuk sebagianorang hanya mengetahui pengisian bahan bakar yang dilakukan di darat tapi ada juga pengisian bahan bakar yang dilakukan di udara yang disebut dengan in flight refueling atau air to air refueling, biasanya pengisian bahan bakar di udara ini digunakan dalam penerbangan yang menempuh jarak lebih lama. In flight refueling ini dilakukan dengan cara pesawat yang membawa bahan bakar atau sering disebut pesawat tanker ini berada tepat dibelakang dekat dengan tengki pesawat yang akan menerima bahan bakar, dan untuk memindahkan bahan bakar tersebut menggunakan pipa yangkaku untuk menyambung ke pesawat penerima bahan bakar cara ini biasa disebut dengan Flying Boom atau Boom and Receiver. Adapun cara lainnya in flight refueling atau air to air refueling ini disebut dengan Probe and Drogue. Untuk memindahkan bahan bakarnya cara ini menggunakan pipa yangfleksible, pesawat tanker harus berada sama dengan pesawat penerima atau sejajar dengan kecepatan yang sama pula. Karena peralatan dan penanganan untuk melakukan in flight refueling ini sangat mahal maka belum banyak yang menggunakannya. Pengisian bahan bakar di udara ini banyak digunakan dalam pesawat militer dan pesawat kepresidenan. Biasanya pesawat tempur yang mengisi pesawat – pesawatnya dengan persenjataannyaini harus mengurangi muatan pesawatnya dengan cara mengurangi bahan bakar yang akan dipakainya dan kekurangan bahan bakarselama dalam penerbangan itu dengandilakukan dengan cara inflight refueling atau air to air refueling.
Sebuah cinta seorang pemuda yang terpendam
Pertanyaan: Assalamu’alaikum . Saya seorang pemuda yang sedang memendam cinta . Bolehkah kita memperjuangkan cinta kita terhadap wanita yang kita cintai agar dia mencintai kita, sambil berdoa kepada Allah? Jawaban: Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh Pria yang punya perasaan mencintai wanita adalah bagian dari nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala (baca surat Ali Imran ayat 14). Jika Anda mencintai wanita muslimah, berakidah dan berakhlak mulia, maka boleh berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar wanita itu dinikahi oleh Anda. Berdoalah pada malam hari di sepertiga malam terakhir, karena waktu itu adalah waktu yang mustajab, atau kapan saja kita boleh bedoa. Akan tetapi tidak cukup dengan doa, karena boleh jadi wanita itu sudah ada yang meminang. Maka sebaiknya segera hubungi orang tuanya agar ada kepastian, diterima ataukah tidak. Sebab dikhawatirkan wanita yang Anda senangi tersebut sudah ada yang punya. Atau ada kendala dari orang tua, yaitu Anda ditolak. Jika begitu keadaannya, maka hendaknya Anda bersabar, barangkali dia bukan jodoh Anda. Bolehjadi wanita yang Anda cintai itu tidak baik untuk Anda. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “ Dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu,padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui .” Wallahu a’lam . Sumber: Majalah Al Mawaddah Edisi 8 Tahunke-3 1431 H/Maret 2010 Artikel www.KonsultasiSyariah.com
Langganan:
Postingan (Atom)