Ilustrasi
Photo:
KOMPAS.com - Menjadi besar dan mendunia sebenarnya berangkat dari usaha kecil. Hal itulah yang mestinya menghilhami Indonesia, khususnyapara pelaku usah kecil menengah (UKM). Dalam hal ini, mereka bisa memanfaatkan internet.
Menurut catatan GM Business & Product Development IM2 Hermanudin beberapa waktu lalu, sampai dengan 2020 sekitar 50 miliar perangkat terkoneksidengan internet. Makanya, sinergi antara bidang usaha UKM dengan proses bisnis dan sistem informasi manajelmen menjadi lebih murah, mudah, dan menguntungkan menjadi hal penting."Untuk makin mendunia, UKM memang harus melekinternet," katanya saat workshop dan seminar gratis untuk sekitar seribu pelaku UKM di bidang sepertimakanan, minuman, koperasi, garmen, serta kerajinan secarabergiliran di tujuh kota yakni Medan, Surabaya, Denpasar, Pontianak, Yogyakarta, Bandung,dan Jakarta.
Dalam kesempatan itu, materi pertemuan berupa pengenalan internet dan aplikasi-aplikasi yang bisa mendukung kegiatanUKM seperti email, search engine, social network (Facebook, Twitter dll), demo produk Indosat & IM2broadband UKM (Speed Test, Ping dan Trace Route), dan demo aplikasi i-koperasi dan i-CRM.
Sementara, materi lainnya adalah tentang bagaimana memanfaatkan teknologi komunikasidan informasi untuk menambah sukses bisnis, serta berbagi sukses menggunakaninternet dalam mempromosikan bisnis melalui social networking dan smartphone
Lalu, sesi berbagi pengalaman pengusaha UKM antara lain menghadirkan Erry Priambodo pengelola www.sepatuwanita.com , Iwan Agustian pemilik SemerbakCoffee, Wahyu Indra pemilik www.mieayamgrobak.com , dan Gede Ngurah Wididana pemilik Ramuan Pak Oles.
Indosat & IM2 beberapa waktu lalu meluncurkan produk yang ditujukan bagi segmen SOHO dan UKM. Produk ini memungkinkan pelanggan segmen SOHO dan UKM menekan biaya perusahaan berupa biaya koneksi internet. Soalnya, satu akun internet dapat di-share hingga 10 komputer.
Selasa, 31 Januari 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar